Senin, 28 Maret 2011

Willy Wonka and his healthy teeth

Remember Willy Wonka ? Tokoh utama di cerita The Chocolate Factory. Johny Deep bermain dengan sangat excelent di film tersebut, membuat saya teringat dengan tokoh Edward The Scissorhand yang juga dibintangi oleh Johny Deep. Tiba-tiba saja saya teringat dengan Willy Wonka. Bukan karena Johny Deep yang memerankan tokoh tersebut. Tapi karena dia memiliki satu set gigi yang sangat terawat dengan baik. Sangat berkebalikan dengan keadaan saya sekarang. Mungkin salah satu sebab kenapa gigi Willy Wonka tetap sehat walaupun dia seorang pemilik pabrik coklat dan gula-gula adalah karena ayahnya seorang dokter gigi. Seperti halnya Willy Wonka, saya juga merasa ngeri setiap kali masuk ke dalam ruang praktek dokter gigi. Walaupun sudah berkali-kali saya menservis gigi yang cenderung tambal sulam ini. Pengalaman diperiksa dakter gigi dengan berbagai alat masuk ke dalam mulut membuat terasa mual.


Never too late, itu yang saya pedomani saat ini. Kebiasaan atau habit yang saya jalani mungkin salah satu hal penyebab kerusakan gigi. I won't blame to the dentist. Maka saya memutuskan mencari sebanyak mungkin tips dan informasi kesehatan gigi, termasuk makanan-makanan yang bisa mencegah gigi berlubang. Sepertinya coklat, permen dan es krim tidak termasuk di dalamnya ya ... (sayang sekali). Beberapa buah-buahan yang mengandung vitamin C ternyata bagus untuk gigi dan gusi seperti : stroberi, apel, kiwi. Sayur-sayuran segar yang mengandung vitamin A berguna untuk pembentukan email gigi. Yang paling mengejutkan saya adalah bawang putih. Bahkan disebutkan lebih bagus jika mengunyah bawang putih yang masih mentah. Saya penasaran apakah itu sebabnya vampir membenci bawang putih, karena vampir hanya mempunyai 2 gigi taring (haha, just kidding). Teh hijau mempunyai kandungan antioksidan yang dapat membantu mencegah gigi berlubang. Air membantu membersihkan dan mengangkat partikel-partikel sisa makanan di dalam mulut. Susu dan yoghurt yang rendah gula memiliki tingkat keasaman yang tinggi dapat mencegah kerusakan gigi. Ternyata, kopi tidak termasuk dalam daftar makanan yang menyehatkan untuk gigi (ouuuhh).



1 komentar:

  1. Kata ibuku, kafein dalam kopi/teh memang menyehatkan, tapiii, dapat menguningkan gigi. Oh!

    BalasHapus