Selasa, 08 Februari 2011

The Hobbit

Sang Hobbit (Bahasa Inggris:The Hobbit) adalah sebuah buku novel fantasi yang ditulis oleh J. R. R. Tolkien dengan alur cerita laksana dongeng. Buku ini pertama kali diterbitkan di Inggris pada 21 September 1937.
Walaupun buku ini merupakan karya yang mandiri, seringkali Sang Hobbit dilihat sebagai novel fantasi pendahulu dari karya Tolkien selanjutnya: Penguasa seluruh Cincin (The Lord of the Rings), sebuah buku novel fantasi yang banyak diperbincangkan dan ketiga serinya (trilogi) dipublikasikan di tahun 1954 hingga 1955.
Novel ini lalu di terjemahkan dan diterbitkan dalam Bahasa Indonesia pada tahun 2002 oleh penerbit gramedia menyusul sambutan yang baik atas penayangan film dan penjualan buku trilogi The Lord of the Rings.

Source : Wikipedia 


Catatan saya :

Buku ini pertama kali beredar di Indonesia pada awal tahun 2002 (saya sendiri membelinya pada bulan Februari 2002). Buku ini mungkin tidak seterkenal buku karangan J.R.R. Tolkien sesudahnya yaitu trilogi Lord of The Ring di Indonesia, tapi buku ini adalah termasuk buku fiksi fantasi klasik yang menunjukkan kehebatan sang Penulis dalam menciptakan dan membangun dunia Middle Earth sehingga pembaca merasa bahwa dunia itu seolah-olah nyata. Sang pengarang sendiri (J.R.R. Tolkien) baru berkeinginan membuat mega proyeknya trilogi Lord of the Rings menyusul setelah kesuksesan The Hobbit dan berhasil menyelesaikan penulisan trilogi Lord of The Rings setelah 10 tahun.
Menyusul kesuksesan film layar lebar Lord Of The Rings, sutradara Peter Jackson sedang membuat film layar lebar prekuel dari kisah Lord of The Ring yaitu The Hobbit ini. Bagi yang belum pernah membaca buku ini, ini bukan kisah tentang Frodo Baggins, tetapi ini sebuah kisah tentang Bilbo Baggins ( paman Frodo Baggins). Buku ini menceritakan tentang kisah perjalanan Bilbo Baggins dalam mendapatkan harta karun naga dan tanpa sengaja menemukan cincin penguasa kegelapan Sauron.
Sejujurnya saya juga sudah lupa dengan detail ceritanya (hanya garis besarnya yang saya ingat). Karena dalam waktu dekat buku ini akan dapat dinikmati dalam bentuk film layar lebar, maka untuk memberi gambaran bagi anda tentang cerita The Hobbit sebelum menonton filmnya, saya akan tuliskan book review dari The Hobbit (namun sepertinya saya harus membaca ulang buku tersebut terlebih dahulu).

Hobbit (Pergi dan Kembali) 

2 komentar: