Rabu, 19 Juni 2013

Gallagher Girls Series

Penulis    : Ally Carter
Penerbit  : Gramedia Pustaka Utama



Saat pertama kali melihat seri novel ini, oleh penerbitnya buku ini dikategorikan sebagai TeenLit (Chicklit versi remaja). Dalam bayangan saya isi/cerita dalam buku ini pastinya tidak jauh-jauh dari kisah percintaan remaja high school Amrik dengan segala suka dukanya. Mirip-mirip dengan serial Gossip Girls, Beverly Hills, atau Glee yang banyak menceritakan tentang kehidupan remaja Amrik pada umumnya. Ternyata ada satu nilai plus dari serial novel ini, yaitu ada unsur spy atau mata-mata dalam ceritanya, yang setidaknya agak memberi rasa yang berbeda dari novel-novel TeenLit yang lain. Bisa saya katakan kalau cerita dalam novel ini perpaduan antara serial Alias dan Gossip Girl. TV series Alias bercrita tentang kehidupan agen ganda CIA yang bekerja sebagai mata-mata di sebuah organisasi rahasia internasional, sedangkan Gossip Girls bercerita tentang kehidupan remaja (cewek) Amrik, nah pada Gallagher Girls ini perpaduan dari keduanya. Kisahnya tentang sekelompok remaja cewek yang bersekolah di sekolah khusus untuk mata-mata (spy) namun sebagaimana layaknya remaja cewek normal lainnya, kehidupan mereka pun tidak luput dari hiruk pikuk problem yang dialami remaja berumur belasan tahun, mulai dari pacaran dengan cowok keren, ciuman pertama dan kemudian putus cinta.

Gallagher Girls Series dalam versi aslinya sudah terbit dalam 6 buku, yaitu :

- Gallagher Girls #1, I'd tell you I love you, then I'd have to kill you
- Gallagher Girls #2, Cross my heart and hope to spy
- Gallagher Girls #3, Don't judge a girl by her cover
- Gallagher Girls #4, Only the good spy young
- Gallagher Girls #5, Out of sight, Out of time
- Gallagher Girls #6, United we spy

dan beberapa edisi tambahan :

- Gallagher Girls #5.5, Double crossed : A spies and thieves story
- Gallagher Girls #2.5, Heist society

Gallagher Academy, dari luar tampak seperti sekolah asrama putri untuk perempuan-perempuan kaya. Berlokasi di sebuah mansion berumur ratusan tahun milik seorang bangsawan bernama Gillian Gallagher, yang kemudian diubah menjadi sekolah, memiliki fasilitas mewah, taman indah, seragam mahal khas sekolah anak-anak orang kaya. Itulah yang diketahui orang pada umumnya. Yang sesungguhnya adalah 70% dari orang tua cewek-cewek yang bersekolah disana berprofesi sebagai mata-mata di seluruh organisasi intelijen di dunia seperti CIA dan MI6, sisanya adalah orang-orang ternama, terkenal dan terkaya di dunia. Dari luar cewek-cewek ini sama seperti remaja Amrik berumur belasan tahun lainnya, namun sesungguhnya itu adalah samaran mereka, sejatinya mereka adalah calon mata-mata, yang dididik untuk menjadi agen mata-mata.

Beberapa tokoh yang muncul di dalam novel ini adalah para cewek genius dan berbakat seperti Cammie, Bex, Macey dan Liz, mereka adalah siswi dari Gallagher Academy. Kemudian Rachel Morgan, Ibu Cammie sekaligus Kepalah Sekolah Gallagher Academy, Joe Solomon, guru kelas Operasi rahasian yang ganteng dan keren juga mempunyai rahasia dan sejarah yang kelam. Beberapa cowok yang terlibat hubungan asmara dengan Cammie seperti Josh, salah satu target/subyek Cammie dalam ujian akhir kelas operasi, dan juga Zach siswa Institute Blackthorne, sekolah khusus mata-mata untuk pria.

Cerita ini cukup lucu, menarik, dan menegangkan, mengingat sebagian buku bercerita tentang secret operation yang dilakukan tokoh-tokoh seperti Jason Bourne dan James Bond. Namun tetap dengan gaya bahasa ala TeenLit yang menggemaskan.

9 komentar:

  1. download pdfnya ada tidak tempatnya dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pdf yg beredar setahuku bahasa inggris. Cari bukunya aja di gramedia, lumayan murah pas dapat diskon.

      Hapus
  2. buset dah, ane baru tau,,, thank.s kak...

    BalasHapus
  3. di indonesia baru terbit sampe buku 5 kan ya? aq cari lanjutannya koq gak ada....

    BalasHapus
    Balasan
    1. buku ke-5 udah ada versi Indonesianya? Boleh tau penerbitnya apa?

      Hapus
  4. Aku baru tigaa
    Yang lain belum dapett

    BalasHapus
  5. ada link buat download pdf nya?

    BalasHapus
  6. Ka masih ada gak ya bukunya Ally Carter di gramed?

    BalasHapus
  7. Ka masih ada gak ya bukunya Ally Carter di gramed?

    BalasHapus