Rabu, 09 November 2011

10 Best Korean Drama versi Me

Beberapa minggu yang lalu tayangan infotainment kita dihebohkan oleh kedatangan Hyun Bin, salah satu artis Korea Selatan yang terkenal lewat serial dramanya, beberapa judul serial drama yang dibintangi Hyun Bin seperti My Name is Kim Sam Soon yang dibintangi bersama Kim Sun Ah atau Secret Garden yang barus saja tayang di indonesia dengan lawan mainnya Ha Ji Won sukses tayang di Indonesia. Bahkan beberapa televisi swasta di indonesia menyiapkan beberapa jam tayang khusus untuk menampilkan serial-serial drama Korea. Sayangnya tidak semua serial drama Korea ditayangkan di Indonesia, sepertinya hanya beberapa serial drama yang memiliki rating tinggi di negara asalnya yang dijual ke negara-negara lain.

Walaupun sama-sama drama serial televisi, kualitas dan esensi cerita yang ditampilkan drama-drama Korea jauh di atas sinetron-sinetron di Indonesia yang biasanya demi tuntutan rating memperpanjang cerita dan memperlebar konflik yang semakin lama membuat penonton jenuh dan bosan. Saya pribadi lebih menyukai miniseri drama, yaitu serial drama dengan jumlah episode sedikit, karena ceritanya lebih natural dan konfliknya tidak berlebihan. Dari puluhan judul serial drama Korea ada beberapa yang menjadi favorit saya, alasannya tidak harus karena pemeran prianya 'ganteng' atau pemeran wanitanya 'cantik'. Tetapi lebih karena ide cerita yang orisinil, alur cerita yang menarik dan kemampuan berperan/akting aktor pemainnya yang tampak alami. berikut serial-serial drama Korea pilihan saya :
 
1. Coffee Prince, dibintangi oleh Yoon Eun Hye dan Gong Yoo, bercerita tentang seorang gadis yang menyamar menjadi laki-laki dan bekerja di sebuah Coffee Shop yang diberi nama Coffee Prince karena semua pramusajinya adalah laki-laki tampan, disana terjadi kisah asmara antara gadis tersebut dan pemilik Cafe yang mengira dirinya menjadi Gay karena menyukai sesama jenis. kabarnya drama ini akan diangkat ke dalam bentuk layar lebar.
 

2. Pasta in Love, dibintangi oleh Gong Hyo Jin dan Lee Seon Gyun. Pemeran utama pria dan wanita drama ini bukan perempuan cantik atau laki-laki tampan seperti kebanyakan serial drama yang lain. Tetapi akting Gong Hyo Jin dan Lee Seon Gyun sebagai seorang Kepala Koki dan Calon Koki di sebuah restoran Italia bernama Le Sfera sangat natural. Lee Seon Gyun sebagai seorang kepala koki yang selama masa kariernya sebagai koki melarang ada koki perempuan di dapur miliknya, menemukan lawan seimbang setelah Gong Hyo Jin yang berperan sebagai calon koki bersikeras untuk tetap bekerja di La Sfera walaupun artinya dia harus mendapat perlakuan keras dari Kepala Koki super dingin dan kejam tersebut.

  
3. You're Beautiful, drama ini diputar berkali-kali di beberapa stasiun televisi swasta di Indonesia. Kisah romantis yang terjadi di dalam sebuah grup band Korea yang bernama ANJEL yang semula beranggotakan 3 orang, kemudian bertambah satu dikarenakan lead vocal band tersebut yang diperankan oleh Jang Geun Suk mengalami masalah dengan tenggorokannya. Sayangnya sebelum bergabung dengan ANJEL anggota baru tersebut memiliki masalah kesehatan setelah operasi plastik, sehingga dengan tanpa diketahui oleh manajemen ANJEL dan anggota band ANJEL yang lain, anggota baru tersebut digantikan oleh saudari kembarnya. Berperan sebagai laki-laki untuk menggantikan saudara kembarnya, Go Mi Nyeo yang diperankan oleh Park Shin Hye harus menyembunyikan identitasnya yang sebenarnya.


4. Princess Hours, dibintangi oleh Yoon Eun Hye dan Joo Ji Hoon, ini adalah serial drama Korea pertama yang saya tonton. Ceritanya memang tipikal kisah cinderella, seorang gadis biasa yang menjadi Putri dalam waktu semalam karena perjodohan untuk menikah dengan Pangeran Kerajaan. Debut pertama Yoon Eun Hye yang menjadi hits kemudian disusul dengan serial drama Coffee Prince. Cinta segiempat ala drama Korea masih mendominasi kisah romantis ala kerajaan ini.


5. Queen Seon Deok, drama klasik Korea yang mengangkat nama Kim Nam Gil sebagai Bi Dam dan menampilkan Lee Yo Won sebagai ratu dan putri Kerajaan Shilla yang bernama Seon Deok. Cerita ini berlatar belakang sejarah dengan sedikit dimodifikasi untuk menampilkan kisah romantis yang terjadi antara tokoh-tokohnya. 
 

6. Jewel in The Palace, drama klasik Korea yang mengisahkan pengalaman hidup dan perjuangan seorang dayang istana untuk dapur istana. Kelak Dae Jang Geum akan menjadi Tabib Istana dan menjadi dokter perempuan pertama di Korea. Kisah Dae Jang Geum ini merupakan kisah nyata dari dokter perempuan pertama di Korea. 

7. Dong Yi, drama klasik Korea yang juga berlatar belakang sejarah pada masa pemerintahan Raja Sukjong. Seorang pelayan istana bernama Dong Yi diperankan oleh Han Hyo Joo, yang saling jatuh cinta dengan penguasa saat itu yaitu Raja Sukjong, diperankan oleh Ji Jin Hee, hingga diangkat menjadi selir raja. Yang menarik dari cerita ini adalah perjuangan kedua orang yang saling mencintai untuk saling mendukung satu sama lain. Walaupun Dong yi hanya seorang pelayan istana Raja Sukjong sangat mengagumi dan mencintainya, begitu juga Dong Yi dengan kesetiaannya kepada Sang Raja rela mengorbankan dirinya demi kebaikan Sang Raja.

8. City Hunter, cerita yang bersetting di kantor pengawal presiden ini, menceritakan tentang seorang mantan tentara Korea yang memiliki dendam kepada beberapa jenderal yang saat ini menjadi penguasa Korea, karena telah mengorbankan dirinya dan seluruh anak buahnya dalam perang saudara antara Korsel dan Korut. Lee Min Ho, aktor ganteng yang berperan sebagai City Hunter, sebagai agen yang bertugas untuk membunuh mantan jenderal yang kini menjadi Presiden Korea beserta kroninya untuk pembalasan dendam. Dengan menyamar sebagai ahli IT di kantor pengawal presiden (Bluehouse)  dia harus berhadapan dengan salah satu pengawal presiden yang dimainkan oleh Park Min Young. Lucunya di tengah aksi balas dendam ini, City Hunter jatuh cinta dengan si pengawal presiden yang berusaha melindungi Presiden dengan nyawanya. Cerita City Hunter ini diangkat dari cerita manga dengan judul yang sama. 


9. Secret Garden, ini adalah serial drama yang menyebabkan Hyun Bin diundang ke Indonesia. Drama ini menarik karena nama-nama pemainnya yang dapat dibilang senior seperti Ha Ji Won dan Hyun Bin. Permainan akting Ha Ji Won dan Hyun Bin sangat menyatu, sehingga drama ini terasa membahagiakan ketika kedua pemerannya bahagia dan terasa menyedihkan ketika kedua pemerannya menangis. Hyun Bin berperan sebagai seorang direktur departemen store besar dan Ha Ji Won menjadi seorang stuntgirl yang sangat totalitas terhadap pekerjaannya. Ketika mereka berdua tersesat di tengah hutan secara ajaib mereka meminum ramuan yang mengakibatkan roh mereka tertukar. Ha Ji Won didalam tubuh Hyun Bin, dan Hyun Bin didalam tubuh Ha Ji Won. Maka terciptalah situasi aneh tapi lucu ketika dua orang yang saling tertukar rohnya ini berinteraksi dengan orang-orang terdekatnya.


10. World Within, drama ini dibintangi oleh artis sepasang kekasih yaitu Hyun Bin dan Song Hye Gyo. Cerita cintanya memang bisa dibilang datar, tidak ada cinta segi empat khas drama korea, namun ini yang justru membuat menarik, karena kisah romantis yang terjadi murni cerita pasang surut hubungan kedua tokoh yang diperankan Hyun Bin dan Song Hye Gyo di tengah-tengah kesibuka mereka sebagai pembuat film drama. Drama ini menceritakan kehidupan para pembuat film drama, dimana didalamnya ada produser, sutradara, kameramen, dan artis tentu saja. Kedua tokoh utama ini berperan sebagai sutradara serial drama yang kejar tayang di sebuah stasiun televisi Korea. Drama ini menggambarkan usaha, dan kerja keras para kru film untuk menghadirkan sebuah episode di setiap minggunya dan bagaimana mendapatkan rating tinggi di mata penonton. (Note : Hyun Bin di world within ganteng banget deh).






Tidak ada komentar:

Posting Komentar