Selasa, 12 April 2011

Miiko

Penulis   : Ono Eriko
Penerbit : Gramedia


Miiko ini cerita bergambar alias komik. Tokoh utamanya anak perempuan kelas 5 SD, namanya Miiko. Di gambar komiknya tokoh Miiko ini mungil sekali. Tingginya tergolong pendek dibanding teman sekelasnya. Sebenarnya cerita Miiko ini memang ditujukan untuk anak-anak, tapi sah-sah saja kalau orang dewasa juga membacanya. Cukup manjur sebagai sarana refresing, karena ceritanya yang emang lucu, konyol, tapi tidak vulgar. Mungkin bisa dibilang terlambat bagi saya untuk menyukai komik ini, karena ternyata seri-seri komik Miiko sudah mencapai puluhan, bahkan sudah diterbitkan cerita-cerita terbaik pilihan penggemar.

Di dalam bukunya, saya membaca catatan penulisnya, yang memiliki obsesi untuk melestarikan cerita anak-anak seperti Doraemon. Fujiko Fumio adalah penulis cerita komik yang sangat dikagumi oleh Ono Eriko.

Buat yang pernah membaca komik atau menonton anime Chibi-Maruko Chan, sekilas hampir mirip. Cerita-cerita di dalam seri Miiko ini, kebanyakan seputar kehidupan Miiko dengan keluarganya (papa, mama, dan Mamoru adiknya) juga bersama teman-teman sekolahnya di Sekolah Dasar. Tapi di komik Miiko ini, juga ada cerita romantis dan mengharukan antara Miiko dan Tapei (teman cowok sekelasnya) loh. Saya masih terheran-heran, ternyata di Jepang untuk seusia anak SD sudah mengenal yang namanya suka-sukaan, sayang-sayangan, bahkan cinta-cintaan :D. Bagaimanapun juga kisah romantis yang ada di komik Miiko ini, tetap menunjukkan kepolosan seorang anak sekolah dasar.

Menurut saya sih, ini referensi yang bagus buat selingan bagi mereka yang terbiasa sibuk dengan aktifitasnya. Setidaknya lumayan kan, bisa ketawa-ketiwi sejenak. Cuma saran saya, jangan membacanya di tempat umum, kalau gag ingin dianggap aneh, heheh.

2 komentar: