Minggu, 08 April 2012

Miss Billy

Penulis   : Eleanor H. Porter
Penerbit : Orange Books

Saya tertarik membuat sinopsisnya di blog setelah melihat sinopsisnya di majalah Femina beberapa minggu yang lalu. Awal membaca buku ini saya tidak mengira kalau Miss Billy adalah buku novel klasik terbitan tahun 1911 oleh Eleanor H. Potter. Saya pikir buku ini salah satu jenis cerita Historical Romance, ternyata sangat berbeda. Ceritanya lebih ringan, segar dan memiliki unsur edukasi. Ada yang berpendapat kalau Miss Billy adalah sejenis novel chicklit klasik, karena bahasanya yang masih sopan dan ceritanya yang sama sekali tidak vulgar.


Apa yang bisa saya ceritakan tentang Miss Billy ? Gadis yatim piatu berusia 18 tahun, yang sebelumnya diasuh oleh Bibi Ella-nya, adik perempuan dari ibunya yang tidak lama telah meninggal. Memiliki warisan yang hanya bisa dipergunakan setelah dirinya berusia 20 tahun, Billy memutuskan mencari saudara jauh yang bisa dimintai bantuan untuk menampungnya sementara. Saat itulah Billy teringat dengan salah satu sahabat ayahnya yang juga menjadi ayah baptisnya, seorang laki-laki yang telah ditinggal mati oleh keluarganya bernama William Henshaw. Sebagai anak baptis dari William Henshaw, Billy dinamai persis seperti nama panggilan ayah baptisnya yaitu Billy, hal ini yang menjadi sumber kesalahpahaman Billy dengan keluarga Henshaw kedepannya.

Surat yang ditujukan Billy kepada William Henshaw memang terdengar sangat manis dan mengibakan. Tak seorang pun ayah baptis yang tak tersentuh ketika anak batisnya yang hampir tidak pernah dikenalnya kecuali saat acara pembatisan anak itu, yang tidak akan mengijinkannya untuk tinggal bersama di kediamannya. Will yakin bahwa dirinya dan kedua saudaranya, Cyril dan Bertram akan bisa menjadi pembimbing yang baik bagi 'pemuda' yatim piatu tersebut. Mungkin Billy akan tertarik dengan kegiatan mengkoleksi barang antik seperti dirinya, atau suka bermain musik seperti Cyril, atau mungkin juga Billy akan tertarik untuk melukis seperti Bertram. Kediaman keluarga Henshaw seperti terdiri atas strata, bangunan yang terdiri atas 4 lantai itu didiami oleh William Henshaw, Cyril Henshaw dan Bertram Henshaw pada setiap lantainya, dan pada lantai dasar merupakan tempat tinggal pelayan dan juru masak keluarga Henshaw yang setia serta anjing peliharaan mereka. rencana penyambutan kedatangan Billy terdengar luar biasa, semua orang di rumah Henshaw bersiap-siap menerima kedatangan seorang 'anak laki-laki' anggota keluarga mereka yang baru.

Apakah ada yang merasakan kejanggalan pada cerita pembuka kisah Miss Billy ini ?
Sebuah kesalahpahaman telah terjadi. Billy mengirim surat kepada ayah baptisnya dengan menggunakan nama pena 'Billy', dan sayangnya dia lupa menyebutkan bahwa dirinya adalah seorang gadis muda yang membutuhkan bimbingan perempuan yang lebih tua bukannya sekumpulan laki-laki matang. Keluarga Henshaw, khususnya Will tidak menyadari kalau tamu yang dia tunggu-tunggu adalah seorang gadis, padahal di dalam rumahnya ada lima orang laki-laki dan seekor anjing peliharaan, dan tak seorang pun yang berjenis kelamin perempuan. ketika kedua orang tersebut (Billy dan William Henshaw) berjanji untuk bertemu di stasiun terdekat di kotanya, keduanya tak mengira kalau akan bertemu dengan orang yang berbeda.

Billy memang enerjik, ceria, dan tidak pernah bisa diam. Dalam sekejap mengubah kediaman Henshaw yang terbagi atas strata-strata menjadi tanpa strata. Billy membantu Paman Will, begitu dia menyebut ayah baptisnya utnuk mengatur koleksi-koleksi barang antinya, belajar bermain piano bersama Cyril yang seorang musisi, juga menjadi model lukisan Bertram. Rumah Henshaw menjadi hidup setelah kedatangan bibi, walaupun kekhawatiran tentang seorang gadis muda yang tinggal bersama 5 orang laki-laki menghantui Kate saudara perempuan William Henshaw yang telah berkeluarga dan Bibi Hannah. Untuk menghindari rumor tidak enak Bibi Hannah kemudian tinggal bersama Billy dan Henshaw bersaudara. 

Namun, kesalahpahaman ternyata tidak berkahir sampai disitu, Billy bukan hanya mengubah kebiasaan dan cara hidup Henshaw bersaudara. Bertram yang berjanji bahwa tak akan pernah tertarik dengan perempuan selain hanya sebagai model lukisannya tiba-tiba menyetakan cintanya kepada Billy. Cyril yang enggan mengijinkan siapapun menyentuh piano kesayangannya, tiba-tiba menawarkan kepada Billy untuk menjadi muridnya. Cyril Henshaw tak pernah mencintai siapapun selain musik yang menjadi obsesi seluruh hidupnya, namun setelah bertemu Billy, dirinya mulai merasakan ketertarikan kepada orang lain. Juga William, yang kembali merasakan kehangatan sebuah keluarga, sebuah kerinduan yang telah lama hilang setelah kematian istrinya tercinta. Namun ketika ketiga Henshaw bersaudara menyukai keberadaanya di rumah mereka, saudari perempuan mereka Kate, justru membencinya, karena Billy telah mengubah saudara-saudara lelakinya menjadi sosok yang tidak pernah Kate kenal sebelumnya. Kekhawatiran Kate terhadap kehidupan keluarga Henshaw semakin memuncak sehingga membuat Bibi Hannah memutuskan untuk mengajak Billy meninggalkan kediaman keluarga Henshaw.

Sebuah dilema dihadapi Billy, ketika dia sudah mulai menyukai dan menyayangi semua yang ada di dalam rumah Henshaw. Namun di sisi lain keberadaannya memberikan pengaruh buruk bagi Paman Will, Cyril dan temannya Bertram. Ketiga lelaki yang disayanginya tiba-tiba menunjukkan ketertarikan dan menyatakan cinta kepadanya. Dan karena dirinya tidak ingin membuat orang-orang yang disayanginya menderita, maka apakah itu artinya dia harus pergi ?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar