Senin, 19 Maret 2012

The Secret of Immortal Nicholas Flamel : The Warlock

Penulis   : Michael Scott
Penerbit : Matahati



The Warlock adalah buku seri ke-5 kisah Nicholas Flamel dan teman-temannya. Sebelum saya ceritakan sedikit tentang apa saja yang muncul di buku kelima ini, saya ingin mengungkapkan pendapat saya mengenai buku ini. Empat buku sebelumnya ditulis dengan plot yang cepat, bisa dikatakan mulai dari awal bab sampai dengan halaman terakhir buku penuh dengan klimaks. Pada buku terakhir kisah petualangan Nicholas Flamel dan kawan-kawannya ini diakhiri dengan sebuah tanda tanya besar, tentang Josh Newman salah seorang kembar yang memiliki aura emas murni mengkhianati teman dan saudarinya dengan membantu Dr. John Dee membebaskan Archon terkuat. Ekspektasi saya pada buku kelima ini akan terjadi banyak pertarungan untuk membebaskan Josh Newman dari pengaruh Dr. Dee. Setelah empat seri pembaca diajak berlari mengikuti alur cerita yang memacu adrenalin, seolah pada buku kelima ini adalah saatnya untuk beristirahat mengambil napas sejenak. Jika empat buku sebelumnya adalah klimaks, maka buku kelima ini adalah antiklimaks nya. Penulisnya (Michael Scott) sepertinya memberikan pilihan bagi para tokoh-tokohnya untuk memikirkan kembali sisi manakah yang akan mereka ambil, menjadi pahlawan ataukah menjadi monster. Beberapa lawan menjadi kawan, juga sebaliknya ada kawan yang berubah menjadi lawan.


Warlock artinya adalah mereka yang bersedia mengingkari sumpah mereka, atau lebih singkatnya disebut pengkhianat. Maka tanda tanya besarnya adalah "Siapakah yang menjadi pengkhianatnya?" 

Terbagi setidaknya menjadi empat sub cerita, The warlock menceritakan petualangan empat kelompok kecil. Tokoh-tokoh pada kelompok ini pada akhirnya akan diberikan pilihan untuk menetukan peran mereka pada cerita selanjutnya. Saya awali dari kelompok kecil Dr. Dee. 


Dr. John Dee, Virginia Dare dan Josh Newman berusaha membebaskan diri dari apartemen Dr. Dee yang sedang terbakar akibat usaha terakhir Dr. Dee untuk membangkitkan Archon wanita terkuat puluan ribu tahu yang lalu. Setelah rencananya yang terakhir berhasil digagalkan oleh Sophie Newman dan Aofie kembaran dari Scathach, Dr. Dee menghancurkan tempat persembunyiannya yang terakhir, apartemen sekaligus kantor pusat kerajaan kecilnya beroperasi. Sejak ditetapkan menjadi utlaga Dr. Dee memang sudah menjadi buruan para Tetua, namun tindakan besarnya yang terakhir yaitu membebaskan Archon yang telah lama dikurung oleh para Tetua Agung, membuat murka para Tetua. Archon tersebut berkeliaran dari satu alam bayangan ke alam bayangan yang lain, dan menghancurkan semua yang dilewati olehnya. Tak terhitung berapa alam bayangan yang telah musnah. Dr. Dee telah menjadi seorang abdi yang mengancam tuannya. Setelah semua Tetua memburunya, kemanakah Dr. Dee akan melarikan diri bersama kedua rekannya ? Hanya tinggal satu tempat yang bisa membantunya untuk mewujudkannya ambisinya, yaitu menghancurkan semua Tetua dan menjadi penguasa tunggal. Di Alcatraz, tempat ribuan monster yang paling menakutkan sedang menunggu untuk dibangunkan. Bersama kedua sekutunya Billy the Kid dan Niccolo Machiavelli yang siap menyambutnya untuk menimbulkan teror dan kekacauan. Di dalam kepala Dr. Dee telah terbentuk sebuah rencana, yang tidak diketahui bahkan oleh teman terdekatnya Virginia Dare sekalipun, sebuah rencana yang mengancam seluruh peradaban.

Terlempar pada masa sepuluh ribu tahun yang lalu, Scathach, Joan of Arc, Saint Germain, Palamedes dan Shakespeare bertemu dengan Marethyu atau yang lebih dikenal dengan sang Kematian. Marethyu adalah orang yang memberikan Codex kepada Nicholas Flamel ratusan tahun yang lalu dan menceritakan masa depan pada Paranelle saat masih kecil juga orang yang sama yang mengajarkan sihir api kepada Saint Germain. Tanpa mereka sadari, kelima orang tersebut telah kembali ke masa lalu, sepuluh ribu tahun yang lalu, ketika Kerajaan Danu Tallis masih berdiri, sebelum kedua kembar emas dan perak bertempur dan menghancurkan Pulau Danu Tallis beserta isinya. Kelima orang tersebut telah menerima tugas penting untuk bertarung bersama saat keruntuhan Danu Tallis, hanya saja pertanyaannya bertarung demi apa, kehancuran Danu Tallis atau keberlangsungan Danu Tallis ?

Berduka karena kehilangan saudara kembar laki-lakinya Sophie Newman memutuskan kembali pulang ke rumah bibinya. Bibi Agnes, yang selama ini menjadi pengganti orang tuanya selama mereka bekerja di situs-situs penggalian. Selama ini Sophie Newman belum pernah terpisah dari saudara kembarnya itu. Pulang ke rumah artinya dia harus membuka luka akibat kehilangan Josh, karena Bibi Agnes pasti akan menanyakan kenapa Josh tidak bersamanya. Namun sebuah kejutan menghantamnya, bukan hanya Paranelle Flamel ternyata telah mengenal Bibi Agnesnya yang tercinta, bahkan sang manusia abadi dari Jepang juga mengenal Bibi Agnes dan saling menyapa dengan menggunakan bahasa kuno. Siapa sebenarnya wanita tua yang dikenalnya sejak dirinya masih kecil dan selalu dipanggilnya dengan sebutan Bibi Agnes tersebut ?

Para Tetua telah berkumpul, sebuah kejadian yang sangat di luar dugaan. Zephaniah, Sang Penyihir dari Endor telah memanggil salah satu Tetua Gelap yang telah menjadi tuan Dr. Dee selama ini, Isis dan Osiris. Mars Ultor telah dibebaskan dari kutukan dan penjara yang dibuat oleh istrinya sendiri. Dan atas perintah Zephaniah istrinya, Tetua yang dijuluki Dewa Perang tersebut ditugaskan untuk membunuh Dr. Dee. Isis telah kehilangan kendali atas pelayan yang dulunya sangat dia andalkan, dan kini dia diminta untuk bekerja sama mencegah Dr. Dee menghacurkan seluruh peradaban.

Ketika alam bayangan satu persatu hancur di depan mata, Nicholas Flamel sedang menunggu kematiannya. Umurnya hanya tinggal satu hari, dan dua hari kemudian Paranelle Flamel akan menyusulnya. Kehilangan Nicholas Flamel artinya kehilangan sekutu yang sangat berharga, namun ada satu cara untuk memperpanjang umurnya walaupun hanya satu hari, dan itu melibatkan Sophie. 

Munculnya tokoh Marethyu dan Tsaglalagal banyak menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menjadi misteri pada keempat buku sebelumnya. Namun sampai dengan buku kelima tersebut masih belum terjawab tentang peranan Josh dan Sophie Newman yang sebenarnya. Karena tokoh-tokoh yang menjadi musuh mulai bergeser menjadi sekutu, sedangkan sekutu berubah pikiran dan berbalik menjadi musuh.


2 komentar:

  1. Hello...
    Saya mau tanya, menurut anda apakah semua sekuel di "the secrets of immortal nicholas flamel" saling berkaitan satu sama lain?
    Maksudnya...bila tidak membaca secara urut dari buku pertama, tidak akan nyambung untuk baca buku ke 2, dan seterusnya?

    Lalu apakah saran anda: Apakah harus baca secara berurut semua supaya nyambung? Atau boleh secara acak karena ceritanya tidak bersambung-sambung dan tidak berkaitan? Atau bagaimana ?
    Mohon dijelaskan yaa :)
    Hehehe.....
    thankyou

    BalasHapus
    Balasan
    1. pada dasarnya msg2 buku memiliki crita sendiri, tpi tokoh2nya sama mulai dri buku 1 sampai buku 5, dan karakter setiap tokoh ikut berkembang dari satu seri ke seri berikutnya. saya sarankan mbacanya berurutan, agar lbh nyaman dan tdk bgg.
      buku 1 agak membosankan, tapi seri2 berikutnya lumayan menegangkan.

      Hapus